Observasi Kesembuhan Auto Skin Graft Yang Diberi Platelet-Rich Plasma (PRP) dan Dirawat dengan Bio Dressing Kulit Ikan Mujair (Tilapia mozambique)

  • Abellisa Abellisa Program Studi Magister Kesmavet Fakultas Kedokteran Hewan, Univesitas Syiah Kuala, Banda Aceh
  • Siti Aisyah Laboratorium Patologi, Fakultas Kedokteran Hewan Univesitas Syiah Kuala, Banda Aceh
  • Rusli Rusli Laboratorium Klinik Bedah, Fakultas Kedokteran Hewan Univesitas Syiah Kuala, Banda Aceh
  • Amiruddin Amiruddin Laboratorium Klinik Bedah, Fakultas Kedokteran Hewan Univesitas Syiah Kuala, Banda Aceh
  • Sugito Sugito Laboratorium Klinik Bedah, Fakultas Kedokteran Hewan Univesitas Syiah Kuala, Banda Aceh
  • Erwin Erwin Laboratory of Clinic and Surgery Faculty of Veterinary Medicine Syiah Kuala University Banda Aceh, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-6841-7203
  • Etriwati Etriwati Laboratorium Patologi, Fakultas Kedokteran Hewan Univesitas Syiah Kuala, Banda Aceh
Keywords: Auto skin graft, bio dressing, Tilapia mozambique, Mozambique, plasma kaya trombosit subjektif dan objektif

Abstract

Skin graft merupakan tindakan pengambilan kulit dari tubuh donor yang telah dipisahkan dari lokasi suplai darah lokalnya ke area lain. Penelitian ini bertujuan mengamati kesembuhan auto skin graft (ASG) setelah pemberian platelet-rich plasma (PRP) dan dirawat dengan bio dressing dari kulit Tilapia mozambique (TM) melalui pengamatan subjektif dan objektif. Penelitian ini menggunakan 6 ekor kucing lokal jantan, berumur 1-2 tahun dengan berat badan 2-3 kg yang dibagi menjadi 2 kelompok perlakuan. Semua kucing dibuat defek berukuran 2x2 cm pada area kaki depan, 4 hari kemudian luka ditutup dengan ASG bersumber dari area abdomen. Perawatan ASG menggunakan bio dressing kulit TM (K-1) dan penambahan PRP disertai bio dressing kulit TM (K-2). Pengamatan subjektif ASG hari ke-3, 6, 9 dan 12, sedangkan uji pendarahan dan pengamatan objektif pada hari ke-18 pasca bedah. Hasil pengamatan subjektif menunjukkan kesembuhan ASG yang diberi PRP beserta bio dressing kulit TM (K2) lebih baik dibandingkan bio dressing kulit TM (K1) (P<0,05). Hari ke-12 warna kulit graft kembali sama dengan kulit sekitar, respon nyeri berkurang, disertai pertumbuhan rambut lebih cepat pada K-2. Pengamatan objektif menunjukkan waktu absorbsi NaCl 0,9% dan efek obat lebih cepat pada K-2 dibandingkan K-1 (P<0,05). Penggunaan PRP beserta bio dressing kulit TM (K2) memiliki potensi untuk digunakan dalam perawatan ASG.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-07-31
Section
Penelitian / Research